SMART SPOKEN & WRITTEN COMMUNICATION SKILL

Menjadi komunikator yang percaya diri, memberi pengaruh dan dicintai oleh lawan bicara.

Pola komunikasi cerdas dibutuhkan untuk bisa memberi pengaruh
Semua makhluk di bumi berkomunikasi dengan caranya. Mencoba menyampaikan pesan yang tersirat maupun tersurat. Kadang komunikasi itu tidak perlu dengan kata-kata, cukup dengan gesture tubuh, mimik wajah, atau bahkan helaan nafas saja bisa mengandung makna. Lain lagi ketika kita berkomunikasi di media digital, kata-kata yang terlalu panjang akan membuat pembaca skip dan tidak menangkap makna dari isi pesan.

Manfaat dan konsekuensi
Manfaat yang luar biasa akan didapatkan jika kita mampu menyampaikan komunikasi yang concise dan menggugah. Pendengar akan dengan mudah menangkap inti pesan tanpa harus memutar otak, yang membuatnya membutuhkan waktu lebih untuk memahami isi pesan. Sebaliknya jika komunikasi tidak didemonstrasikan dengan tepat akan adanya gap pemahaman di fase berikutnya dan berakhir dengan kesalahan dalam komunikasi.

Menjadi percaya diri dan cerdas dalam berkomunikasi dengan Training Smart Verbal and Digital Communication Skill
Merupakan pelatihan komunikasi yang komprehensif, praktis dan aplikatif. Berfokus pada komunikasi verbal, non-verbal dan digital sehingga peserta bisa langsung praktek di tempat kerja. Dalam pelatihan ini peserta mengalami transformasi cara berkomunikasi lewat penggalian dalam diri dan belajar teknik-teknik praktis aplikatif yang membuat peserta merasa percaya diri.
Di akhir sesi pelatihan peserta akan mampu untuk:
1. Melihat dan menyadari keunikan yang dimiliki diri dalam berkomunikasi
2. Menginternalisasi hal-hal fundamental dalam membangun komunikasi efektif
3. Mempelajari teknik komunikasi yang smart dan efektif

Berikut silabus dan materi program Smart Verbal and Digital Communication Skill

SYLABUS

Hari Pertama

Sesi 1 – Mengenal Smart Communication sebagai fundamental komunikasi dalam berbagai situasi

  • Pengertian Smart Communication
  • Mengenali gaya komunikasi di organisasi saat ini
  • Ice berg theory dalam komunikasi
  • Mengenal identitas diri agar komunikasi lebih percaya diri.

Sesi 2 – Strategi Komunikasi Lisan dan Tulisan

  • Mengenal karakteristik lawan bicara
  • Mengetahui tantangan berkomunikasi dalam organisasi
  • Diskusi dan sharing pola pendekatan komunikasi dengan berbagai karakter

Sesi 3 – Berlatih Pola Komunikasi Lisan agar Mampu Berbicara Runtut dan Mudah DIpahami

  • Model percakapan KSCQR(Key message – Situation – Complication – Question – Resolution)
  • Model percakapan Golden Circle
  • Praktek pola komunikasi Verbal

Sesi 4 – Berlatih Pola Komunikasi Tulisan yang Efektif

  • Cara menulis email internal dan external yang efektif
  • Cara menghidupkan tulisan
  • Diskusi dan sharing studi kasus Written communication

Hari Kedua

Sesi 1 – Memberi Pengaruh Melalui Teknik Komunikasi Non-Verbal

  • Mempelajari bagaimana mikro ekspresi mempengaruhi komunikasi
  • Mempelajari gesture tubuh, mimik, dan intonasi suara
  • Dominasi percakapan dengan teknik Matching and Mismatching

Sesi 2 – Memprovokasi lewat Active Listening & Powerful Questoning

  • 3 level dalam active listening
  • SEA listening teknik
  • Do’s and Don’ts dalam bertanya efektif
  • Praktek active listening & powerful question

Sesi 3 – Menyiasati Situasi Sulit/Konflik

  • Teknik acknowledgement terhadap lawan bicara
  • Teknik pacing & leading
  • Presuposisi dalam komunikasi
  • Role play konflik dan situasi sulit

Sesi 4 – Group Coaching dan Komitmen perubahaan

  • Role play dan review materi 2 hari
  • Group Coaching persiapan untuk internalisasi
  • Kesimpulan dan komitmen berubah

Temukan Senyum Semangat Tim Melalui Training Inspiratif dari Kami

Diskusikan kebutuhan tim anda bersama kami sekarang!